Monday, August 26, 2019

Ibu Kota Pindah, Warga Kaltim Tidak Ingin Jalanya Seperti Jakarta

Ibu Kota Pindah, Warga Kaltim Tidak Ingin Jalanya Seperti Jakarta


Pemerintah berencana memindahkan ibu kota ke luar Jawa. Salah satu opsi yang semakin kuat adalah ibu kota dipindah ke Kalimantan Timur
Kendati belum diumumkan resmi, beberapa warga Kalimantan Timur menyambut positif kabar pemindahan ibu kota ke wilayahnya. 

Agus Anshori, warga Balikpapan sangat setuju, menurutnya pemindahan Ibu Kota negara ke Kaltim dapat memperlebar ekonomi lebih merata. 

"Saya setuju tapi nggak mau di Balikpapan, nanti macet seperti Jakarta. Bagusnya memang makin ramai investor, lapangan pekerjaan juga makin terbuka," ujar Agus saat ditemui detikcom di Balikpapan, Kaltim.

Setali tiga uang dengan Agus, Irul salah satu mahasiswa asal Balikpapan juga mengatakan hal yang sama. Menurutnya Kalimantan memiliki potensi besar di berbagai sektor, namun ia sendiri menyimpan kekhawatiran.


"Kalau Kaltim jadi ibu kota, pembangunan pasti makin maju, kualitas SDM meningkat. Tapi kalau tidak direncanakan terarah. Saya tidak mau macet seperti di Jakarta. Di sini jarak 10 km saja paling 10 menit, di Jakarta?," ujar Irul saat ditemui di kawasan pantai Melawai, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Soal rencana pemindahan ibu kota ini Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor ke Istana Kepresidenan hari ini. Kedatangannya bertepatan dengan rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan lokasi ibu kota baru.

Kepada awak media, Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor ke Istana Kepresidenan mengatakan bahwa pihaknya mengusulkan dua kabupaten untuk dijadikan lokasi ibu kota RI yang baru.

0 comments:

Post a Comment